Manfaat Sholat dalam Kesehatan

Dalam Islam semua amal perbuatan ada dampak atau manfaatnya, tidak sekedar hanya rutinitas yang tak punya makna. Begitu juga dalam ibadah sholat, masih banyak umat Islam sendiri yang belum mengetahuinya, sehingga menjalankan ibadah sholat hanya menggugurkan kewajiban saja. Dilansir dari website merdeka.com ada beberapa manfaat ibadah sholat dalam kaca mata kesehatan yang harus kita ketahui:

Pertama, Tingkatkan Sirkulasi Darah

Melansir dari Islam Finder, manfaat sholat 5 waktu yang pertama adalah mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah. Posisi dan gerakan yang berbeda selama sholat, rupanya mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Gerakan sholat inilah yang akan membantu mengatur aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Misalnya pada posisi ruku, aliran darah diatur di tubuh bagian atas. Sedangkan saat tasyahud, aliran darah diatur di tubuh bagian bawah.

Kedua, Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Menurut penelitian ilmiah dijelaskan misalnya selama keadaan Quud, postur tubuh yang dilakukan memungkinkan dan memfasilitasi pencernaan. Pada dasarnya posisi Quud yakni saat pria duduk dengan satu kaki meringkuk dibawah mereka. Sementara wanita, duduk dengan kedua kaki di bawah mereka. Posisi ini ternyata mampu meningkatkan fungsi hati dan melemaskan usus. Di mana nantinya juga akan memfasilitasi pergerakan usus di dalam tubuh. Selain itu, sholat juga bisa membantu meringankan penyakit sembelit dan makan berlebihan.

Ketiga, Redakan Sakit Punggung dan Nyeri Sendi

Posisi sholat saat sujud dan ruku bisa membuka serta meringankan persendian. Penggunaan sendi secara teratur akan membuatnya menjadi tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu juga, mampu mengurangi rasa sakit di punggung bawah. Dengan merelaksasikan otot dan ligamen yang mirip dengan gerakan yoga. Ini juga akan membantu meringankan rasa sakit di sumsum tulang belakang dan sendi pinggul.

Sains juga membuktikan jika hal tersebut benar. Karena saat tubuh seseorang mengalami stres, maka biasanya mereka akan duduk sembari menenangkan diri. Begitu pula dengan sholat, dimana dapat memberikan ketenangan pada diri manusia.

Manfaat gerakan shalat sangatlah baik untuk kesehatan seseorang secara umum. Namun, manfaat gerakan shalat hanya dirasakan bagi orang-orang khusyuk dalam sholatnya dan tidak terburu-buru. Tetapi yang harus menjadi catatan kita adalah, kita melaksanakan salat bukan karena ada fakta ilmiah tentang gerakan salat. Seorang muslim melaksanakan salat dan ibadah lainnya harus didasari karena meyakini bahwa itu adalah perintah Allah Ta’ala. Sehingga fakta kesehatan hanyalah bagian dari pengetahuan yang seharsunya tidak menjadikan tujua utama seseorang melaksanakan salat. Wallahu a’lam bishowab.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.