Semua Bencana Adalah Kehendak Allah

Tidak ada satu musibah apa pun yang terjadi di dunia ini atas keinginan alam, akan tetapi semua yang terjadi atas izin Allah Ta’ala, karena kepunyaan-lah apa yang ada dilangit dan dibumi, dan Ia juga menghendakinya.

Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri. (QS. Al-Hadid: 22-23)

Makanya setiap musibah yang kita dengar, yang pertama kali kita ucapkan adalah Innalillahi wainna lillahi roji’un. Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 156:

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).”

Jadi, jika kita diuji dengan musibah, maka ada perasaan yang hadir dalam hati, bahwa ujian tersebut datang dari Allah, kalau datang dari Allah maka pasti ada pesan kebaikan dibalik musibah yang menimpa kita. Tetap positif seperti apapun keadaanya, karena Allah memberikan ujian sesuai dengan porsinya dan tidak akan melebihi dari kemampuan kita.

Allah menguji seorang hambanya dengan bermacam cobaan, dengan rasa takut, kelaparan, kekurangan harta, meninggalnya para sahabat, kerabat, dan orang-orang yang dicintai, dan berbagai cobaan lainnya. Semua musibah yang ditimpakan kepada hambanya dengan tujuan untuk yakni melatih dan menguji kita sebagai makhluknya. Setiap musibah pasti ada hikmah bila kita bersabar. Kesabaran itu juga akan memberikan kita kebahagian, sebagaiman firman Allah Ta’ala menyampaikan:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)

Wallahu a’lam bishowab.

(KH. Abdullah Gymnastiar)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.